MSA Weekly 1 — “5 Operating System Untuk Cyber Security”

1 year ago 118
BOOK THIS SPACE FOR AD
ARTICLE AD

Ethical Hacking merupakan suatu kegiatan mengidentifikasi kelemahan dalam sistem komputer ataupun jaringan computer serta dapat memperbaikinya. Hacker menggunakan berbagai teknik untuk mengidentifikasi ancaman dan meningkatkan keamanan perangkat. Para hacker ini dapat memanfaatkan sistem operasi berbasis Linux untuk meretas PC ataupun jaringan komputer. Sistem operasi (OS) ini berisi berbagai macam aplikasi untuk mencegah serangan siber.

Berikut ini adalah daftar Sistem Operasi yang paling popular dipakai oleh para hacker.

Kali Linux merupakan distro security dari Linux yang dirancang khusus untuk forensic digital dan pengujian penetrasi. Kali Linux ini adalah salah satu system operasi peretasan terbaik yang memiliki lebih dari 600 aplikasi pengujian penetrasi yang sudah terinstal. Kali Linux ini dapat dijalankan di Windows maupun Mac OS dengan menggunakan program virtual machine.

Fitur:

Dapat digunakan untuk pengujian penetrasi .Platform ini tersedia dalam 32 bit dan juga 64 bit.Kali Linux dapat di update tanpa perlu mengunduh versi baru.OS ini dapat mengenkripsi disk secara penuh.Anda dapat dengan mudah mengotomatisasi dan menyesuaikan instalasi Kali Linux pada jaringan komputer.Dukungan fitur instalasi USB live.Memiliki fitur mode forensic komputer.

Tautan:
https://www.kali.org/

Parrot OS adalah platform untuk meretas. Memiliki editor yang mudah digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Platform ini memungkinkan Anda menjelajahi web secara pribadi dan aman. Hacker dapat menggunakan Parrot OS untuk melakukan penilaian kerentanan (vulnerability assessment), pengujian penetrasi, forensik komputer, dan banyak lagi.

Parrot OS

Fitur:

Parrot OS ini merupakan platform ringan yang dapat berjalan dengan sumber daya terbatas.Anda dapat membaca dan mengubah source code sesuai keinginan Anda.Memberikan dukungan para ahli untuk membantu Anda dalam keamanan siber.OS peretasan ini telah mendistribusikan infrastruktur dengan CDN (Content Distribution Network).Anda dapat berbagi sistem operasi ini dengan orang lain.

Tautan:
https://parrotlinux.org/

BackBox adalah Sistem Operasi open-source berbasis Ubuntu yang menawarkan uji penetrasi dan memiliki fitur penilaian keamanan (security assessment). Backbox ini juga menyediakan toolkit analisis jaringan untuk keamanan di lingkungan TI. OS ini juga berisi toolkit yang diperlukan untuk hacking.

Backbox

Fitur:

Membantu Anda dengan analisis forensik komputer, penilaian kerentanan, dll.OS ini di desain dengan akurasi untuk menghindari redundansi (redundancies).Sistem operasi ini menyediakan lingkungan desktop yang mudah digunakan userfriendly.Memungkinkan Anda untuk mensimulasikan serangan pada aplikasi ataupun jaringan komputer.Sisi keunggulan OS ini terletak pada stabilitas dan kecepatan.

Tautan:
https://www.backbox.org/

BlackArch adalah platform berbasis Linux gratis yang berisi berbagai alat untuk otomatisasi, mobile, jaringan komputer, dll. Merupakan Sistem Operasi open-source yang dibuat khusus untuk meneliti keamanan dan penguji penetrasi. Anda dapat menginstalnya secara individual atau grup.

Fitur:

Memiliki fitur live ISO dengan beberapa windows managers.Sistem operasi ini dapat dijalankan pada komputer atau laptop yang sumber daya terbatas.Mendukung lebih dari satu arsitektur.

Tautan: https://blackarch.org/

Fedora Security memungkinkan Anda mengerjakan audit keamanan (security auditing), forensik, dan peretasan. Dengan fitur desktop yang bersih dan cepat, OS ini berisi tools jaringan penting seperti Wireshark, Medusa, Sqlninja, Yersinia, dan banyak lagi. Lingkungan Fedora Security dibuat untuk pentesting dan security testing.

Fedora Security Lab

Fitur:

Memiliki menu khusus berbagai macam instruksi yang diperlukan untuk mengikuti jalur pengujian yang benar.OS ini juga tersedia fitur Live USB (sistem operasi lengkap yang dapat di-boot)Anda dapat menyimpan hasil testing anda secara permanen.

Tautan: https://labs.fedoraproject.org/en/security/

#cybersecurity #bugbounty #bugbountytips #merdekasiber

Read Entire Article