[MSA weekly 1] “5 OS untuk mempelajari Cyber Security “

1 year ago 104
BOOK THIS SPACE FOR AD
ARTICLE AD

Kali Linux

Kali Linux merupakan salah satu Sistem Operasi yang cukup terkenal di kalangan pengguna Linux. Sistem Operasi (OS) ini sering dikatakan sebagai OS nya para ‘hacker’ karena menyediakan tool dan fitur untuk melakukan serangan siber.

Meskipun begitu, sejatinya Distro ini bukan OS yang berbahaya tergantung dari tujuan penggunaannya. Selain itu, Kali Linux bukanlah Sistem Operasi yang ramah bagi pemula. Untuk mengoperasikan dan memaksimalkan fitur yang ada di dalamnya, diperlukan keterampilan khusus.

Backbox

Linux bacbox adalah suatu sistem operasi open source yang banyak di gunakan oleh para ahli TI untuk menguji sebuah kemanan suatu komputer, website maupun handphone android, linux backbox sendiri di lengkapi banyak tools untuk pengujian kemanan. Linux ini juga menggunakan lingkungan desktop xface jadi terbilang sangat ringan untuk komputer atau laptop spesifikasi rendah.

Linux backbox sendiri didesian agar cepat, mudah di operasikan dan menyediakan lingkungan desktop yang sederhana namun memiliki tools yang sangat lengkap, berkat repositori perangkat lunaknya sendiri yang terus update ke versi stabil atau terbaru dari tools — tools penguji kemanan yang lengkap dan paling terkenal.

Linux backbox pertama rilis pada 9 september 2010 yaitu versi RC , linux backbox sendiri di kembangkan Raffaele Forte dan komunitas. Sampai sekarang linux backbox selalu aktif dalam pengembangan linux dan perbaikan bug kemanan, itu sebabnya linux backbox biasanya selalu update pada versi stabil setiap tahunnya dan biasanya mengalami udate setiap minggunya dari software yang terpasang, update keamanan, perbaikan bug dan lainnya. Jadi linux backbox ini sangat aman dan bebas dari yang namanya virus.

Kok bisa bebas dari virus? Ya tentu saja karena seperti kita tau semua linux selalu memperbarui perangkat lunak dan memperbaiki celah kemanan seperti yang saya jelaskan di atas. Linux backbox biasanya selalu rilis setiap tahunnya berikut data rilisnya dari tahun ke tahun.

Parrot Security Operating System

Parrot OS adalah distribusi dari GNU/Linux yang bersifat open source. Selain itu Parrot memang sengaja dirancang untuk para pakar keamanan, pengembang, dan orang yang mengutamakan privasi. Parrot juga sudah dilakukan pengujian Debian dan bisa digunakan secara gratis.

Sistem operasi Parrot dianggap sudah menjadi senjata portabel yang lengkap untuk keamanan TI hingga operasi forensik digital. Parrot OS sendiri tersedia di Security and Home Editions sebagai VM dan juga tersedia di Docker. OS yang satu ini juga di kirimkan secara default dengan lingkungan Dekstop MATE, KDE, sekaligus XFCE namun hanya di khususkan untuk perangkat edisi rumahan.

ArchStrike Linux

ArchStrike Linux merupakan reinkarnasi dari ArchAssault yang dibuat berbasis Arch Linux yang terkenal dengan ringan dan bersih dengan tujuan untuk Penetrasi Testing dan hacking. Salah tujuan pembuatan Operating System ArchStrike ini adalah agar Arch linux memiliki distro khusus sendiri dalam dunia Penetration Testing. ArchStrike memiliki lebih dari 1200 tools untuk Penetration Testing yang sudah include didalam Operating System ArchStrike ini.

BlackArch Linux

Black Arch linux adalah sebuah system operasi open source yang di dedikasikan untuk melakukan pekerjaan penetration testing dan security research sama halnya dengan Kali linux yang mungkin lebih familiar di telinga kalian.

Sesuai dengan namanya Black Arch Linux ini berbasis pada Arch Linux, berdasarkan informasi dari situs resminya didalam Black Arch ini terdapat sekitar 2628 Tools yang bisa kalian gunakan nantinya untuk melakukan pekerjaan penetration testing dan security research dan kemungkinan akan terus di update jumlah tools yang bisa digunakan, tools tersebut bisa kalian install secara terpisah maupun secara Group.

#cybersecurity

#bugbounty

#bugbountytips #merdekasiber

Read Entire Article