MSA Weekly 1 — “Skill yang harus dimiliki seorang cyber security engineer”

1 year ago 109
BOOK THIS SPACE FOR AD
ARTICLE AD

Nah kita udah belajar mengenai sistem operasi yang biasa dipakai di cyber security, sekarang kita belajar beberapa skill yang harus dimiliki seorang cybersecurity engineer. Nggak cuman hard skill aja tapi kita harus tau soft skill nya juga ygy.

Networking and System Administration

Kemampuan ini nggak boleh ketinggalan nih gaes. Dengan memahami networking dan system administration kita akan tahu bagaimana trafik data itu bekerja dan terhubung satu dengan yang lainnya. ciyee terhubung wkwk.

Pengetahuan tentang sistem operasi

Nah ini yang kita sempat bahas di postingan sebelumnya ya. Pengetahuan tentang sistem operasi ini sangat penting ya gaes. Sistem operasi seperti windows, linux, mac os dll kita harus tau tuh. Dengan kita tahu sistem operasi yang digunakan maka hal itu akan mempermudah kita apabila terdapat serangan.

Bahasa Pemrograman

Nah kemampuan coding ini juga nggak kalah penting ya. Dijaman serba digital ini hampir semua layanan ditulis dengan bahasa pemrograman baik layanan website, atau aplikasi mobile. Nah dengan memiliki kemampuan coding kita jadi tahu logika dari pemrograman itu seperti apa, dengan demikian kita jadi lebih mudah deh mengatasi permasalahan apabila ada celah keamanan yang terjadi pada layanan aplikasi.

Cloud Security (Keamanan Cloud)

Saat ini hampir semua aplikasi atau data ditaruh di cloud. Cloud dapat dikatakan menjadi hal yang umum untuk melakukan deploy layanan aplikasi baik website atau aplikasi mobile. Cloud juga menawarkan berbagai kemudahan seperti fleksibilitas yang tinggi terhadap biaya dan deployment aplikasi. Tentu ini menjadi tantangan dong, sebagai cyber security engineer kita harus tau tuh gimana cloud bekerja agar kita bisa mengatasi berbagai permasalahan celah keamanan yang mungkin saja muncul pada layanan cloud.

Problem-solving (Pemecahan Masalah)

Kemampuan problem solving ini sangat penting dalam keamanan siber, di mana kita terus-menerus menghadapi skenario yang mengharuskan cyber security engineer mampu memecahkan masalah yang ada. Bayangin jika tidak memiliki keterampilan ini dan hanya ngah ngoh ndak ngerti apa-apa kan repot ya wkwk

Communication (Komunikasi)

Nah selanjutnya yaitu komunikasi. Ini penting untuk dimiliki seorang cyber security engineer. Dengan kemampuan komunikasi yang bagus ini sangat menguntungkan, karena kita sebagai seorang cyber security engineer perlu untuk komunikasi tidak hanya ke sesama cyber security engineer namun juga ke orang lain yang mungkin awam. Sebagai contoh kita mungkin perlu menyajikan informasi atau presentasi keamanan teknis kepada berbagai pemangku kepentingan, menjawab pertanyaan nonteknis, “menerjemahkan” pengetahuan teknis menjadi nilai bisnis bagi perusahaan, dll.

Analytical thinking (Berpikir analitis)

Lanjut ke kemampuan berpikir analitis, kemampuan ini digunakan untuk memecahkan masalah yang kompleks dengan memecahnya menjadi komponen-komponen yang lebih kecil. Biasanya melibatkan proses seperti mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi, mengembangkan dan menguji solusi dan sebagainya. Kemampuan ini bisa kita bisa kita latih lho dengan menerapkan rasa ingin tahu dalam berbagai situasi, menjadi jeli, mempelajari cara kerja, mengajukan pertanyaan, dan menganalisis setiap keputusan yang akan dibuat.

Collaboration/teamwork (Kerjasama Tim)

Nah ini penting juga kemapuan kolaborasi dan kerjasama tim. Dalam cyber security kita sering bekerja dalam tim, berkolaborasi dengan rekan kerja atau pemangku kepentingan lainnya untuk menemukan solusi atau bertukar ide.

Attention to detail (Memperhatikan detail)

Dalam keamanan siber, detail sangat penting. Kita harus berorientasi pada detail saat menggali lebih dalam untuk menemukan akar permasalahan seperti menganalisis log setelah serangan, atau melakukan forensik digital. Dengan memperhatikan detail kita dapat dengan tepat menemukan apa permasalahan yang terjadi dan solusinya

#cybersecurity #bugbounty #bugbountytips #merdekasiber

Referensi:

Read Entire Article