alasan ingin belajar bug bounty IDN bootcamp

1 week ago 18
BOOK THIS SPACE FOR AD
ARTICLE AD

Ilhamsabana

Haiii gesss, Kesadaran akan tentang keamanaan dalam dunia digital semakin meningkan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Akhir-akhir ini peretasan dalam dunia perdataan semakin sering terjadi, tentu ini adalah sebuah kesembapatan bagi para passion IT untuk kontribusi dalam melakukan pengamanan data dan ini menjadi peluang jenjang karir yang menjanjikan untuk upprove dalam bidang keamanaan.

jujur minat untuk berkontribusi didunia siber yaknik Ketika saya sendiri merasa pernah kehilangan benda elektronik akan tetapi saya tidak bisa memanfaatkan teknologi padahal saya sendiri kuliah jurusan informatika, akan tetapi saya tidak bisa menlakukan hal itu karena secara teori kemanana siber tidak dipelajari dalam matakulaih kami karena kami sekolah swasta. Dan untuk berkecimpu secara otodidak masih belum bisa karena masih kurnagnya relasi ke orang yang sudah berpengalaman. Nah dari situ saya sendiri ingin mengambil kesempatan ini belajar bug bounty IDN boootcamp.

Linux adlah sistem operasi yang open source yang tekenal dengan keamanan, kesetabilan, kinerja dan kefleksibelannya. Linux juga ada banya sekali distro-distro yang sudah tersedia contoh ubuntu, fedoran, kali linux dll., penulis sendiri menggunakan ubuntu yang sifatnya virtual.

Keunggulan operasi linux yakni cendrung lebih aman dari serangan malware dan hecker krena sifatnya yang open source dan juga gratis.

Setiap kelebihan ada kekurangan yakni kurangnya ketersediaan aplikasi karena tidak semua aplikasi sdh perdukung dengan perangkat linux.

Programing adalah proses membuat dan merancang sekumpulan instruksi yang memberitahu komputer untuk meneksekusi. Dalam menginstruksikan komputer kita haru mengerti bahasa komputer, Yakni bahasa pemrograman. Contoh jika kita ingin membuat sebuah web kita bisa menggunakan html, css, php, javascript akan tetapi html dan css dalah sebuah kerangka. Jika kita ingi membuat sebiah aplikasi mobile bisa menggunakan bahasa dart, kotlin, javascript, dan jika kita ingin membuat software dekstop bisa menggunakan java, ruby banyak lagi jika untuk mengolah data bisa menggunakan python dll.

Bug bounty adalah sebuah rewerd dari Perusahaan atau instasi kepada hecker yang telah berhasil menemukan kelemahan pada sistem mereka.

Sepengetahuan penulis cara kerja bug bounty adalah

1. bug hunter akan mencari celah kelemahan dalam sistem perusahaan

2. bug hunter jika menemukan kelemaham melakukan lapor ke perusahaan terkait jenis bug, pengaruh terhadap program, dan tingkat keparahan bug.

3. perusahaan memvalidasi dan menverifikasi kelemahan yang dilaporkan

4. perusahaan memberikan hadiah kepada bug hunter yang telah berhasil menemuka kelemahan sistem.

Keunggulan bagi perusahaan yakni bisa mengontrol bahwa keamanan dalan sistem perusahaan masih harus ditingkatkan, menghemat biaya karena jika perusahaan mengnadalakn seorang penetrasion saja maka akan mahal dan besar mengeluarkan biaya, reputasi dan kepercayaaan publik terjaga karena kemananan yang sdh di tingkatkan

Read Entire Article