Blog mengenai saya sebagai syarat Bug Bounty IDN Bootcamp

1 week ago 19
BOOK THIS SPACE FOR AD
ARTICLE AD

Mohamad Fachry Ali

Halo semua :D, aku Mohamad Fachry Ali. Pada blog singkat ini, aku akan menceritakan tentang diriku sendiri dan perjalanku di bidang cyber security.

Aku sekarang mengemban pendidikan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya semester 6. Jurusan yang aku ambil ialah Teknologi Rekayasa Internet. Alasanku mengambil jurusan ini karena aku melihat perkembangan internet yang pesat di dunia ini dan potensinya di masa depan.

Pada awal-awal semester, aku diberi materi tentang komputer, mulai dari hardware sampai sofware. Aku juga diberi matkul mengenai cara membuat website menggunakan HTML dan CSS serta membangun database menggunakan PHPmyAdmin. Namun, tetap yang menjadi fokus adalah di bagian jaringannya. aku diberi materi tentang model komunikasi OSI Layer yang membahas 7 lapisan model koneksi. Materi yang diberikan begitu mendalam dan disertai dengan praktik-praktik langsung. aku belajar mengenai cara menyambung kabel UTP, melihat langsung bagaimana data dikirimkan menggunakan osiloskop, membuat dan mengatur jaringan di software Cisco Packet Tracer, melihat dan mengatur perangkat jaringan seperti switch dan router menggunakan linux. Dengan materi yang diberikan tersebut, saya memiliki keinginan untuk memfokuskan pada jaringan pada awalnya.

Akan tetapi, hal tersebut berubah saat aku masuk di semester 4. Pada semester tersebut, terdapat matkul Cryptography dan keamanan jaringan. Matkul ini membahas tentang kriptografi atau teknik pengkodean. Teknik-teknik yang dibahas seperti symetric key dan asymetric key. Terdapat juga praktik untuk melakukan enkripsi dan deskripsi menggunakan AES-256 dan membandingkannya dengan model enkripsi yang lain seperti DES. Praktik tersebut langsung dipraktikan melalui Linux. aku memilih menggunakan Kali linux dikarenakan terdapat banyak penestration testing tools yang sudah diinstal. Jadi, aku juga sudah mengenal cara basic mengoperasikan linux menggunakan terminal, seperti mengatur dan memindahkan file directory dan cara mengatur jaringan di Virtual Machine.

Dengan adanya matkul cryptography tersebut, membuat aku menjadi tertarik untuk lebih mendalami di bidang Cyber security. Akhirnya aku memutuskan untuk mencari course-course terkait cyber security. Pada tahun lalu, aku berhasil menyelesaikan course bug bounty yang diadakan oleh JadiHacker. disana, aku mendapatkan ilmu mengenai cara melakukan SQL Injection manual ataupun automatis serta dapat menggunakan tool seperti BurpSuite. selain itu, aku juga belajar mengenai XSS attack dan diajarkan pula bagaimana menulis bug bounty report. Jadi, aku memiliki sedikit pengalaman mengenai bug bounty. Akan tetapi aku juga menyadari bahwa masih banyak sekali hal yang aku harus pelajari. Karena di dalam bidang cybersecurity sendiri terdapat banyak sekali cabangnya dan setiap cabangnya bisa begitu dalam.

Maka dari itu, aku ingin terus mengulik dan mendalami pada bidang cybersecurity ini, terutama Bug Bounty. Karena dengan melakukan hunting di website yang ada seperti website pemerintahan, akan ada kemungkinan kita akan diberi semacam penghargaan atau apresiasi berdasarkan cerita dari orang yang sudah berpengalaman :D. Nah, dari penghargaan ini nantinya bisa dibuat sebagai portofolio untuk mencari kerja.

Maka dari itu, saya ingin mengikuti course yang diberikan oleh IDN bootcamp sebagai salah satu langkah saya untuk menyelam lebih jauh di lautan cybersecurity. Saya yakin akan bisa mengikuti pelajaran yang diberikan dan menyelesaikannya, karena saya sudah mempunyai basic-basic yang diperlukan untuk mengikuti program ini. Terimakasih sudah membaca blog singkat ini. Salam longlife learner ~~

Read Entire Article