Bug bounty IDN Bootcamp: Perjalanan menjadi pentester dan bug hunter

1 week ago 15
BOOK THIS SPACE FOR AD
ARTICLE AD

Rizki Arif Saifudin

Halo semua, saya Rizki Arif Saifudin dan ini adalah post pertama saya di medium. Pada postingan ini saya akan sedikit menceritakan perjalanan saya dalam bidang cybersecurity. Saya adalah lulusan dari jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Banyumas, yang mana menjadi salah satu SMK di Jawa Tengah yang menjadi Mikrotik Academy. Oleh karena itu selain ijazah kelulusan, saya juga mendapatkan sertifikat MTCNA.

Sertifikat MTCNA yang saya dapatkan

Karena pelatihan untuk mendapatkan sertifikat ini saya jadi punya dasar yang membantu saya untuk memahami cara kerja internet seperti TCP/IP dan subnetting. Selain MTCNA, saat saya kelas 12 saya juga diikutsertakan pada beberapa latihan atau bootcamp tentang cyber security. Tujuan awal saat itu adalah agar saya bisa untuk mewakili sekolah dalam lomba LKS bidang cybersecurity yang diadakan setiap tahun. Salah satu bootcamp yang saya ikuti adalah cybersecurity workshop yang diselenggarakan oleh thrivedx dan ITC.

Sertifikat yang saya dapatkan dari Thrivedx

Dalam jangka waktu sekitar satu tahun dari akhir kelas 11 hingga akhir kelas 12 saya juga mengikuti beberapa perlombaan CTF(Capture the Flag) untuk menambah pengalaman saya dalam menghadapi soal soal untuk persiapan LKS. Dari segala perlombaan dan bootcamp yang saya ikuti saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman tentang cyber security dan dasar dasar linux yang akhirnya membuat saya berhasil memperoleh Juara 3 LKS CyberSecurity tingkat Jawa Tengah tahun 2023.

Saat ini saya menjadi Mahasiswa Informatika angkatan 2023 di Universitas Jenderal Soedirman. Pada masa awal awal perkuliahan ini saya mendapatkan banyak ilmu ilmu dasar pemrograman yang terlewat saat saya mempelajari secara otodidak di SMK. Saat ini perjalanan saya masih belum berakhir, setelah menemukan beberapa rekan di kampus, saya memutuskan untuk terus melanjutkan perjalanan ini dengan goals terdekat adalah GEMASTIK 2024.

Read Entire Article