MSA Weekly 1 - “Skill yang harus dimiliki Cyber Security Engineer”

1 year ago 125
BOOK THIS SPACE FOR AD
ARTICLE AD

Dengan memasuki era informasi di mana komunikasi dan perdagangan melalu internet menjadi fokus utama bagi bisnis, konsumen, pemerintah dan media. Era internet juga menandai konvergensi industri komputer dan komunikasi serta layanan dan produk terkait.

Dengan kata lain kita tidak dapat mempungkiri bahwa di luar sana adanya ancaman seperti cyber threat yang memanfaatkan teknologi untuk tindakan kejahatan dengan begitu dapat mengancam keamanan suatu organisasi maupun individu. Ada sejumlah besar pelanggaran data yang naik menjadi 145% dengan biaya $ 13 juta untuk sebuah organisasi.

Selama periode delapan tahun yang dilacak oleh Cybersecurity Ventures, jumlah pekerjaan Cyber Security yang tidak terisi tumbuh sebesar 350 persen, dari satu juta posisi pada tahun 2013 menjadi 3,5 juta pada tahun 2021. Untuk pertama kalinya dalam satu dekade, kesenjangan keterampilan keamanan siber mulai menurun. (cybersecurityventures.com)

Dengan data tersebut dan adanya demand yang besar penulis mengambil kesimpulan bahwa ini adalah salah satu momentum bagi yang memiliki minat di dunia cyber security untuk bisa menunjukkan kemampuan dan keterampilannya.

Dan bagi kalian yang baru ingin terjun di dunia Cyber Security ada beberapa skill yang kalian perlu kuasai atau setidaknya pahami. Berikut skill-skill yang perlu di miliki oleh Cyber Security Analyst atau Engineer:

Basic IT FundamentalNetwork SecurityCloud SecurityProgramming LanguageMalware Analyst

Dari diatas adalah skill-skill teknikal yang fundamental untuk menjadi pondasi pembaca dalam menjejaki dunia Cyber Security. Dan ada pula skill non teknis seperti:

Problem Solving CapabilitiesCommunication SkillDesire to Never Stop LearningAnalytical CapabilitiesWriting Skill

Demikian skill-skill dasar yang bisa menjadi basis pembaca untuk dapat mengemangkan karir di bidang Cyber Security. Terima kasih untuk para pembaca yang telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel yang dibuat penulis. Kurang lebihnya mohon maaf. Selamat Belajar!

Read Entire Article