OS atau Operating System merupakan unsur yang sangat penting di dalam device yang kita genggam saat…

1 year ago 115
BOOK THIS SPACE FOR AD
ARTICLE AD

MSA Weekly — 5 OS yang harus dimiliki dan dikuasai oleh Cyber Security Engineer!”

OS atau Operating System merupakan unsur yang sangat penting di dalam device yang kita genggam saat ini. OS merupakan salah satu alasan mengapa kita bisa menggunakan setiap fitur dan aplikasi yang kita miliki di dalam device kita masing masing dengan mudah. Untuk menjadi seorang Cyber Security Engineer yang hebat, pastinya kita juga harus mamahami beberapa OS yang memang dibuat khusus untuk memenuhi banyak kebutuhan dari seorang Cyber Security Engineer.

Linux, sebagai seorang Cyber Security Engineer kita harus mengenal betul apa itu linux dan bagaimana cara menggunakannya. Pada dasarnya linux itu bukanlah sebuah OS, melainkan hanyalah sebuah kernel. Kernel dapat diartikan adalah sebuah inti yang menjalankan suatu OS. Ibarat motor, kernel bisa diibaratkan sebagai mesinnya saja, bukan dengan body dan bagian bagian lain dari motor tersebut. Jadi semua orang dapat memodifikasi Linux sesuai kemauan dan kebutuhan masing masing bidang, ditambah Linux merupakan sistem operasi yang Open Source (terbuka secara umum), yang dimana linux bisa dibuat dengan versi apapun, tampilan apapun, dan kebutuhan apapun termasuk hacking. Tetapi walaupun tampilan linux bisa bermacam macam, versi linux tersebut akan tetap berjalan pada 1 kernel/mesin yang sama.

Sekarang saya akan merekomendasikan 5 OS atau Linux Distribution (Distro) yang bisa teman teman gunakan untuk belajar menjadi seorang Cyber Security Engineer.

Kali Linux

https://www.kali.org/

Kali Linux merupakan salah satu distro linux yang paling terkenal saat ini. Kali Linux dikenal sebagai salah satu distro linux yang paling lengkap untuk semua kebutuhan dari seorang Cyber Security Engineer.

Keunggulan :

Tools hacking dan penetration testing yang sudah pre-installedBisa berjalan di 32 bit dan 64 bitFull disk encryption yang bertujuan untuk melakukan pengamanan data dengan cara enkripsi, supaya data kita tetap aman meskipun komputer kita sedang dalam masalahMemiliki mode forensic yang dapat membuat kita untuk melakukan forensic secara privateMerupakan distro linux dengan komunitas terbesar

2. Parrot OS

https://parrotlinux.org/

Parrot OS merupakan salah satu alternatif terbaik dari Kali Linux. Parrot OS juga dikenal sebagai distro linux yang memiliki banyak tools hacking seperti Kali Linux. Parrot OS juga memiliki banyak versi sesuai kebutuhan yang bisa teman teman liat di website resmi dari Parrot OS.

Keunggulan :

Lebih ringan dibanding Kali LinuxMemiliki lebih banyak aplikasi non hacking dibanding Kali linuxLebih dapat digunakan ke semua kalangan, karena memiliki banyak sekali versi sesuai kebutuhan

3. Black Arch

https://blackarch.org/

Black Arch juga merupakan salah satu distro linux yang menjadi unggulan selain Kali Linux dan Parrot OS. Meski sering dijadikan alternatif, Black Arch juga memiliki fitur yang tidak kalah bagus dibanding OS lain yang di khususkan untuk kebutuhan hacking dan Cyber Security.

Keunggulan :

Memiliki repostory yang dilengkap dengan 2812 tools, yang bisa di install dengan mudah di Black ArchMemiliki 2 versi, Full Release (untuk spec mid-high end), dan Slim Release (untuk low end)Di versi Full Release, Black Arch memiliki tools yang jauh lebih lengkap dibanding Kali Linux, tetapi file ISO dari Black Arch Full Release ini bisa mencapai 15 GB

4. BackBox

https://www.backbox.org/

BackBox merupakan distro linux yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan 3 distro yang sudah saya bahas terlebih dahulu. BackBox juga memiliki fitur dan tools hacking yang tidak kalah lengkap dibanding distro linux khusus hacking lainnya.

Keunggulan :

Tidak terlalu banyak menggunakan RAMTools anonymity yang lengkap dibanding dan sudah pre-installed

5. Dracos Linux

Dracos Linux merupakan satu satunya distro linux yang berasal dari Indonesia pada list yang saya bahas pada artikel ini. Dracos Linux juga merupakan menjadi distro linux unggulan bagi beberapa Cyber Security Engineer.

Keunggulan :

Software multimedia yang lebih lengkap

Nah dari 5 distro yang sudah di sarankan, teman teman bisa memilih mana yang paling nyaman dan cocok. Tapi kalau dilansir dari beberapa survei dan sumber, orang orang menjadikan Kali Linux sebagai distro linux favorit mereka, tetapi semua kembali ke selera masing masing. Mungkin cukup sampai disini saya pembahasan saya pada artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi teman teman semua.

Read Entire Article