Security Awareness : Ancaman Phising di Era Industri 4.0

3 years ago 139
BOOK THIS SPACE FOR AD
ARTICLE AD

Anggi Gunawan

Image for post

Image for post

Hai semua nya sebelumnya terima kasih nih buat teman teman yang selalu mampir dan baca tulisan saya ini, kali ini saya ingin membahas tentang Security Awareness : Ancaman Phising di Era Industri 4.0 .

Saat ini, Indonesia sendiri sudah mulai memasuki era industri 4.0 dimana terlihat dari banyaknya pabrik-pabrik yang telah menerapkan sistem jaringan internet untuk memudahkan akses-akses informasi internal, pengawasan karyawan, dan pembukuan. Pabrik-pabrik tersebut sering disebut dengan istilah Smart Factory.

Adapun 6 Macam Teknologi Yang Akan Menjadi Pilar Utama Dalam Perkembangan Revolusi Industri 4.0 diantaranya :

Internet of Things (IoT)

Internet of Things adalah suatu konsep dimana objek tertentu punya kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer.

IoT ini juga kerap diidentifikasikan dengan RFID sebagai metode komunikasi, IoT juga bisa mencakup teknologi-teknologi sensor lainnya, semacam teknologi nirkabel maupun kode QR yang sering kita temukan di sekitar kita.

Big Data

Big data adalah kumpulan data yang lebih besar dan lebih kompleks, terutama dari sumber data baru.Set data ini sangat banyak sehingga software pemrosesan data tradisional tidak dapat mengelolanya. Namun, sejumlah besar data ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah bisnis yang sebelumnya tidak dapat Anda tangani.

Cyber Security

Cyber security adalah aktivitas untuk melakukan pengamanan dan menlindungi informasi atau sumber daya telematika demi mencegah terjadinya tindakan cyber crime atau cyber attack. Cyber attack disini bertujuan untuk mengganggu secara fisik maupun alur logic sistem yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi.

Artifical Intelegence

Artificial Intelligence adalah salah satu bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia, bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia. Aplikasi atau program kecerdasan buatan dapat ditulis dalam semua bahasa komputer, baik dalam bahasa C, Pascal, Basic, dan bahasa pemrograman lainnya.

System Integeration

System Integration merupakan proses menciptakan sistem informasi yang kompleks, dapat meliputi desain atau membangun arsitektur atau aplikasi yang disesuaikan, mengintegrasikan dengan hardware lama atau baru, software paket atau software custom dan komunikasi.

Cloud Computing

Cloud Computing adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login) mengakses server virtual untuk bisa konfigurasi server melalui internet.

Dengan semua kemudahan yang kita rasakan sekarang ini, tidak bisa di pungkiri lagi hampir semua kegiatan dan data kita terhubung ke internet yang notabene lebih rentan untuk disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, entah itu bocor karna kesalahan ecommerce tempat kita biasa berbelanja database nya bocor atau karna kesalahan kita sendiri yang terkena phising, scam.

Image for post

Image for post

Phising atau scampage adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target. Istilah ini berasal dari kata “fishing” = “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya. Phising bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu. Hal ini bisa saja dengan maksud mencari celah untuk beberapa akun yang terhubung dengan akun yang telah didapat.

Banyak sekali teman dan rekan kerja saya minta tolong untuk mengembalikan akun mereka yang terkena phising, dalam 2 bulan terakhir saja sudah ada 18 orang yang menghubungi saya terkait akun game online, facebook, dan instagram mereka yang di hack orang, alhamdulillah 8 dari 18 akun teman saya berhasil kembali ke tangan pemilik nya.

Mungkin teman teman ada yang penasaran bagaimana cara nya saya melakukan hackback akun - akun tersebut?.. jujur sebenar hal yang saya lakukan tidak sekeren nama nya “Hackback” tapi lebih tepatnya “Forgot Password” dan “Report” , ya memang itu yang saya lakukan menggunakan fitur forgot password atau membuat laporan bahwa akun kita kena hack, mungkin bagi sebagian orang itu rumit dan mengira tidak ada harapan lagi.

Tapi tunggu dulu jangan langsung menyerah, inti nya begini ketika akun anda tidak bisa di akses atau anda terkena phising jangan panik, coba lakukan seperti yang saya lakukan di atas, melakukan forgot password dan bila teman- teman beruntung email dan no hp kalian belum di ganti sama orang lain tinggal langsung saja mengajukan forgot password dan rubah data di akun teman teman.

Tapi bila ternyata saat melakukan forgot password email dan no hp kalian sudah di ganti oleh hacker ini, kalian bisa membuat tiket report ke facebook, instagram misalkan bahwa akun saya telah di hack dan tinggal ikuti langkah langkah yang di kasih, biasanya meminta foto ktp, selfi with ktp atau buku rekening. teman teman tinggal tunggu kabar dari pihak facebook/instagram sampai akun anda kembali ke tangan kalian.

Cara agar terhindar dari phising / scam

Bila teman teman menerima email mencurigakan seperti permintaan perubahan kata sandi atau akun telah di nonaktifkan kalian mesti berhati- hati dan lakukan pengecekan alamat email nya benar dari facebook/instagram atau cuman berpura-pura mengatas namakan facebook/instagramJangan asal klik link yang mencurigakan seperti faceboook.com, instagramm.com atau yang lainnya bila link tersebut bukan dari situs yang resmiJangan mudah percaya GiveAway atau modus penipuan lainnya yang mengharuskan pemenangnya mengisi data diri termasuk email dan password akun media sosial kalianSelalu cek dan ganti berkala no hp atau email yang sudah tidak aktif di akun media sosial kalianGunakan password minimal 8 karakter dan ganti secara berkala mungkin dalam beberapa bulan sekali

Info : Bila anda membaca berita tentang beberapa akun twitter centang biru seperti bill gates, apple dll yang di bajak kemarin ini ternyata bila saya tidak salah salah satu pegawai twitter ada yang telah mengklik link / sesuatu yang mengakibatkan penyerang dapat memiliki akses untuk masuk ke database milik twitter.

Ayah saya sering mengingatkan begini dalam bahasa sunda :

“Kasura mah moal ku cucuk gajah tapi ku cucuk lauk”

kata- kata yang saya tanggap dari perkataan ayah saya :

“Kecelakaan yang besar itu ga selamanya sama kesalahan yang besar, tapi bisa juga dari kesalahan kecil yang menjadi besar”

Jadi jangan remehkan kerentanan/ancaman kecil seperti social engineer, phising ataupun scampage bila di manfaatkan sama orang yang tidak bertanggung jawab itu bisa menjadi masalah yang serius.

Linkedin : https://www.linkedin.com/in/anggi-gunawan17/

Website : https://kitabantu.co.id

note : bila ada salah kata atau ada yang kurang dalam hal penulisan saya sangat senang bila teman teman memberitahu saya di linkedin atau di kolom komentar dan saya akan membenarkan/merubah kata tersebut.

Read Entire Article